IKUTI
Info
  • 2 tahun yang lalu / TERBARU!!! Rubi Tour bekerjasama dengan BMT Smile untuk menabung Umroh atau Wisata
Pengertian dan syarat Badal umroh

Pengertian dan syarat Badal umroh

Oleh : siti Nurhanifah - Kategori : Pengetahuan
4
Agu 2021

Setiap umat muslim tentu saja ingin melaksanakan Umroh langsung ke tanah suci. Akan tetapi, ada beberapa hal yang menyebabkan seorang muslim terhambat dan bahkan tidak bisa pergi untuk melaksanakan umroh secara langsung ke tanah suci. Beberapa hambatan terjadi dikarenakan orang yang akan pergi umroh mengalami sakit parah bahkan sampai meninggal dunia.

Bahkan dimasa pandemi seperti saat ini, Umroh menjadi satu hal yang sulit dilakukan, itu terjadi karena adanya aturan untuk menunda pembukaan umroh bagi jamaah Indonesia. Tujuannya tidak lain adalah untuk mencegahnya penularan virus Covid-19.

Hal tersebut  tentu menjadi sebuah masalah yang harus dipecahkan dan menemukan solusi.

Meskipun demikian, nyatanya umroh tetap bisa dilakukan meskipun dengan cara yang berbeda. Umroh tetap bisa dilaksanakan dengan cara badal umroh. Syarat badal umroh tentu harus benar-benar dipahami oleh calon jemaah.

Lalu apakah sebenarnya umroh badal dan apa saja syaratnya?

Simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Pengertian Umroh Badal

Badal Umroh adalah sebuah kegiatan umroh yang dilakukan oleh seseorang yang menjadi pengganti dari seseorang yang akan menjalankan umroh tapi terkendala sakit atau menggantikan umroh dari calon jemaah yang sudah meninggal.

Sebenarnya, tidak ada dalil langusng mengenai badal umroh. Akan tetapi, para ulama sepakat bahwa badal umroh hukumnya sama dengan badal haji. Badal haji sendiri memiliki dalil yang jelas dari hadist Rasulullah.SAW sebagaimana disebutkan dalam sebuah riwayat :

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- سَمِعَ رَجُلاً يَقُولُ لَبَّيْكَ عَنْ شُبْرُمَةَ. قَالَ « مَنْ شُبْرُمَةَ ». قَالَ أَخٌ لِى أَوْ قَرِيبٌ لِى. قَالَ « حَجَجْتَ عَنْ نَفْسِكَ ». قَالَ لاَ. قَالَ « حُجَّ عَنْ نَفْسِكَ ثُمَّ حُجَّ عَنْ شُبْرُمَةَ »

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mendengar seseorang mengucapkan, “Labbaik ‘an Syubrumah (aku memenuhi panggilan-Mu, Ya Allah, atas nama Syubrumah.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, “Memangnya siapa Syubrumah?”

Ia menjawab, “Syubrumah adalah saudaraku atau kerabatku.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bertanya, “Engkau sudah berhaji untuk dirimu?”

Ia menjawab, “Belum.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas memberi saran, “Berhajilah untuk dirimu dahulu, barulah berhaji atas nama Syubrumah.” (HR. Abu Daud, no. 1811. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini dha’if. Syaikh Al-Albani berbeda penilaiannya, beliau menyatakan hadits ini shahih).

Syarat badal Umroh

Berdasarkan pada pendapat Ulama Syafii, Boleh seseorang menggantikan umroh atau haji bagi orang lain dengan syarat sebagai berikut :

  1. Orang yang digantikan atau dibadalkan adalah seroang yang sudah meninggal dunia atau orang yang masih hidup namun dalam keadaan yang tidak memilki kemampuan menunaikan umroh, misalnya sakit parah.
  2. Menurut ulama hambali, boleh melakukan badal umroh bagi orang masih hidup dengan atas izin orang yang bersangkutan.
  3. Orang yang membadalkan sudah berhaji atau ber Umroh untuk dirinya sendiri, baru boleh membadal.

Dari penjelasan tersebut, tentu kta semua paham bukan mengenai syarat dari bdal umroh.

Dimasa pandemi seperti ini, bagi siapapun yang berniat ingin melaksanakan badal umroh bagi orang-orang terdekat yang sudah wafat atau sakit, Rubi Tour Travel memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan badal umroh.

Badal umroh bisa dilaksanakan dalam waktu segera dan tentunya jamaah yang di badal, akan mendapatkan berbagai macam kemudahan serta sertifikat badal umroh. Tunggu apalagi? segera daftarkan diri di Rubi Tour Travel

0 Komentar

Contact

PT. Rubi Restu Rabbani

Jl. Soekarno Hatta ,Ruko Metro Indah Mall Blok I No. 27, - 40286

0812 1130 1530

Daftar Paket

UMROH EXCLUSIVE 12D
UMROH EXCLUSIVE 12D
IDR 32.000.000
8D5N Experience Turkey
8D5N Experience Turkey
IDR 12.000.000
Umroh Regular 9 Hari
Umroh Regular 9 Hari
IDR 26.300.000
5D3N DUBAI – ABU DHABI
5D3N DUBAI – ABU DHABI
IDR 15.500.000