IKUTI
Info
  • 2 tahun yang lalu / TERBARU!!! Rubi Tour bekerjasama dengan BMT Smile untuk menabung Umroh atau Wisata
Bagaimana tatacara  badal umroh ?

Bagaimana tatacara badal umroh ?

Oleh : siti Nurhanifah - Kategori : Panduan
4
Agu 2021

Menjalankan umroh merupakan keinginan setiap umat muslim baik kalangan muda ataupun tua. Akan tetapi, tidak semua umat muslim beruntung untuk menjalankan umroh secara langsung.

Banyak diantara kita yang ternyata tidak bisa menjalankan umroh karena sakit bahkan akhirnya meninggal dunia. Hal itu tentu menjadi sebuah masalah, namun jangan khawatir karena umroh merupakan sebuah kegiatan yang bisa di badalkan. Kegiatan itu disebut “badal umroh

Badal umroh bisa dilaksanakan untuk orang yang mengalami sakit keras dan tidak sanggup pergi ke baitullah atau bagi orang yang sudah meninggal dunia.

lalu bagaimana tata cara melakukan badal umroh dan apa saja syaratnya ?

Simak penjelasannya pada artikel berikut.

Tata cara badal umroh

Setiap orang yang hendak melaksanakan umroh maupun Badal umroh tentu harus paham betul mengenai tata cara yang harus dilakukan.

berikut adalah tata cara badal umroh yang bisa dilakukan :

1. Terlebih dahulu Melaksanakan umroh untuk diri sendiri

jika anda sudah melaksanakan umroh untuk diri mulai dari urutan ihram umrah dari miqot yang dilewati sampai menyempurnakan umroh dengan tawaf dan sa’i serta memotong rambut sampai keluar dari tanah haram

2. Melafalkan niat umroh bagi orang yang digantikan

Jika seorang anak ingin melaksanakan badal umroh bagi ayahnya maka lafadz niat umroh yang diucapkan adalah “Labbaika Allahumma bi (nama ayah bin … )”  kemudian melakukan thawaf dan sa’i serta memotong rambut kembali.

Ketua dewan fatwa Saudi Arabia terdahulu, yakni Syekh Bin Baz mengatakan, “Jika Anda ingin menunaikan umroh untuk diri Anda dan untuk orang lain yang telah meninggal dunia, atau untuk orang yang sudah tidak mampu fisiknya, maka yang wajib Anda lakukan adalah Anda ihram dari miqot yang Anda lewati. Jika Anda selesai melakukan amalan umroh atau haji, maka tidak mengapa bagi anda untuk umroh untuk diri Anda dari tanah halal terdekat. Seperti Tan’im, Ja’ronah, dan sebagainya.

Anda tidak diharuskan kembali ke miqot. Karena dahulu Aisyah radhiallahu anha melakukan ihram umroh dari miqot Madinah bersama Nabi shallallahu alaihi wa sallam dalam haji Wada. Setelah selesai melaksanakan haji dan umrohnya, dia minta izin kepada Nabi untuk melakukan umroh secara tersendiri (tidak digabung dengan haji).

Itulah penjelasan mengenai tata cara badal umroh yang bisa anda dilakukan. Bagi anda yang ingin melaksanakan badal umroh, Rubi tour menjadi solusi terbaik untuk anda, semoga pembahasan kali ini bermanfaat 🙂

0 Komentar

Contact

PT. Rubi Restu Rabbani

Jl. Soekarno Hatta ,Ruko Metro Indah Mall Blok I No. 27, - 40286

0812 1130 1530

Daftar Paket

5D4N BANDUNG – MALANG
5D4N BANDUNG – MALANG
IDR 2.159.000
Umroh Regular 9 Hari
Umroh Regular 9 Hari
IDR 26.300.000
8D5N Explore Turkey
8D5N Explore Turkey
IDR 9.900.000
8D5N Experience Turkey
8D5N Experience Turkey
IDR 12.000.000
5D3N DUBAI – ABU DHABI
5D3N DUBAI – ABU DHABI
IDR 15.500.000