First slide

AMIR TEMUR PEMIMPIN KERAJAAN UZBEKISTAN DAN MANGKOK MINUMNYA

Timur Lenk dikenal juga dengan Amir Timur serta Timur Lenk yang artinya Timur si Pincang, adalah penakluk serta penguasa Turki-Mongol. Dia merupakan pendiri kekaisaran sekaligus dinasti Timurid di Persia serta Asia Tengah, dan keturunan terakhir kelompok penakluk nomaden.Dia terutama dikenal karena kekejamannya ketika menaklukkan India serta Rusia hingga Laut Mediterania, maupun cita rasanya akan seni.

Pasukan Timur berasal dari berbagai etnis dan konon ditakuti mulai dari Benua Asia, Afrika, hingga Eropa. Kampanye militernya diyakini memakan korban hingga 17 juta jiwa.Berdasarkan tradisi Mongol, Timur tak bisa menggamit gelar Khan atau penguasa Mongol karena bukan keturunan langsung Gengis Khan.Jadi, dia menggunakan titel Amir yang berarti Jenderal serta Guregen (Menantu Kerajaan) karena menikah dengan Saray Mulk.Dia juga tidak bisa mendapatkan gelar Kalifah karena predikat itu terbatas bagi kelompok Quraysh, suku dari Nabi Muhammad. Jadi, dia menciptakan mitos serta rumor bahwa dirinya mempunyai "kekuatan supernatural" yang dianugerahkan langsung dari Tuhan.

Pada saat kita memasuki gerbang besar dari Maqam Amir timur kita akan diarahkan untuk berbelok dahulu ke sebelah kanan untuk melihat sebuah peninggalan berupa batu besar yang diyakini dahulunya (lihat gambar dibawah) adalah sebuah mangkok minum Amir temur, berukuran diameter 4 meter dan kedalaman 2 meter

Di ceritakan dahulu saat Amir temur dan pasukannya ingin menguasai suatu negara beliau mengumpulkan seluruh rakyatnya untuk ikut berperang, karena saat itu banyak rakyatnya yang sangat yakin dengan kehebatannya maka berbondong bondonglah rakyatnya untuk ikut membantu Amir temur berperang.

Saking banyaknya rakyatnya yang ingin ikut berperang dan beliau sulit menghitungnya, maka sebelum berperang beliau memerintahkan rakyatnya untuk minum air delima dari mangkuk tersebut, dan setelah meminumnya dia perintahkan setiap orang untuk memasukan 1 koin kedalam mangkok tersebut. Kemudian setelah perang selesai Amir Temur memerintahkan panglimanya untuk menghitung berapa orang dari jumlah pasukannya yang kembali ke negaranya.

Kemudian Amir Temur sendirilah yang menghitung jumlah koin yang terkumpul, dari situlah dia tahu berapa orang dari pasukannya yang gugur dalam pertempuran itu.

Maqam Amir Temur berada di kota Samarkand, dimana dulu maqam ini sempat di gali secara besar besaran oleh pemerintah Uni Sovyet saat negara itu menguasai negara Uzbekistan untuk mencari harta Amir Temur, tapi mereka tidak pernah menemukan dimana Amir Temur menyimpan seluruh hartanya baik harta pribadi maupun harta dari rampasan perangnya.

Banyak sekali cerita dan peninggalan sejarah islam dari Amir temur saat beliau menguasai 27 negara dalam usaha mensyiarkan agama islam didunia dan juga banyak sekali sisa sisa peninggalan peradaban islam sejak zaman khalifah bani umayyah yang dapat kita temui di Uzbekistan.

Kunjungi keindahan Uzbekistan bersama kami AMOURES TOUR OPERATOR . kami akan melayani pejalanan anda dengan service terbaik.

DETAILS PERJALANAN:
HARI KE-1 : KEBERANGKATAN DARI JAKARTA
HARI KE-2 : TASHKENT – UGRENCH – KHIVA
HARI KE-3 : KHIVA – BUKHARA
HARI KE-4 : BUKHARA
HARI KE-5 : BUKHARA – SAMARKAND
HARI KE-6 : SAMARKAND
HARI KE-7 : SAMARKAND – TASHKENT DEPARTURE
HARI KE-8 : KEDATANGAN DI JAKARTA
Info / Artikel Lainnya


0 PAX
Hubungi Kami